Minggu, 22 Agustus 2010

Tugas para gubernur dan duta besar

Para gubernur yang saya cintai, selain dibebani tugas untuk mengupdate data-data pembangunan yang ada di daerah saudara, saya ingin masing-masing memiliki hasil produksi barang ataupun jasa yang spesifik atau unik sehingga bisa lebih fokus dan mengoptimalkan potensi yang ada.

Untuk daerah yang jarang penduduknya saya instruksikan agar produksi hasil-hasil hutan dan pertanian bisa menjadi fokus pembangunannya.

Adapun untuk daerah yang padat penduduk, saya minta sektor industri menjadi titik fokus pembangunannya.

Sedangkan untuk pembangunan tata kotanya saya telah memerintahkan menteri perekayasa pembangunan untuk membuat blueprint yang akan digunakan oleh para gubernur.

Secara umum konsep pembangunan kota harus mengacu pola cincin segi enam yaitu :
hutan lindung - pusat pendidikan - pusat pemukiman - pusat bisnis - pusat industri - pusat pemerintahan.

Hutan adalah penopang semua ekosistem, diarea inilah hasil hutan, makanan, air minum,udara,pertanian, perikanan dan peternakan diproduksi.

Hutan juga dibuat mengelilingi seluruh kota agar kulitas air, udara dan kekuatan tanah bisa terjaga.

Pusat pendidikan dibuat bersebelahan dengan hutan dan pusat pemukiman, agar sedari kecil anak-anak kita sudah memahami pentingnya dan menghormati keberadaan hutan, merusak hutan berarti merusak ekosistem, yang pada giliranya merusak hidup kita sendiri, tanah akan tandus, banjir yang berakibat tanah longsor, kelangkaan air dan makanan, peningkatan suhu, udara yang kotor karena hutan sebagai paru-paru telah rusak akan menyengsarakan kita semua.

Oleh karena itu lokasi pusat pendidikan berdampingan dengan hutan lindung agar, mereka bisa langsung belajar secara langsung di alam.

Pusat pemukiman diapit oleh pusat pendidikan dan pusat bisnis agar mobilitas penduduk lebih mudah dan efisien karena hampir 2/3 aktifitas manusia adalah belajar dan bekerja.

Lokasi pusat industri bersebelah dengan pusat bisnis agar jalur distribusinya tidak terlalu lama dan jauh sehingga bisa menekan biaya transportasi.

Selanjutnya pusat pemerintahan diapit pusat industri dan hutan lindung, hal ini akan memudahkan para pemegang kekuasaan melihat dan merasakan secara langsung akibat yang ditimbulkan dari kebijakan industri yang mereka lakukan.

Untuk moda transportasi, didalam kota menggunakan shuttlebus bertenaga listrik dengan tarif flat. Adapun untuk transportasi masal antar kota menggunakan kereta bawah tanah yang saling terkoneksi antar kota.

Jalan-jalan yang berpotensi padat didalam kota persimpangannya menggunakan lorong interchange sehingga mengurangi kemacetan dan in-efisiensi waktu para pengguna jalan.

Penanganan sampah perkotaan dikelola dengan baik sehingga menghasilkan pupuk,gas,listrik dan meminimalkan sampah yang sulit didaur ulang.

Limbah industri juga harus dinetralkan sebelum dibuang kesungai, bahan baku industri yang digunakan mengacu kepada bahan-bahan yang ramah lingkungan.
Perbanyaklah taman dan ruang terbuka di dalam kota.

Gunakan listrik mandiri untuk digunakan diseluruh kota, apakah itu dengan microhidro,sel surya ataupun yang lainnya.

Jalur kabel listrik,komunikasi, pipa air dan gas dibuat dalam satu lorong yang terpadu dan mudah dirawat, jangan lagi ada proyek mubazir tambal sulam yang membuat macet jalan, serta memboroskan uang rakyat.

Anggaran pendidikan harus minimal 20% dan semua dana-dana CSR disalurkan dalam dunia pendidikan.

Kegiatan keagaman ditumbuh kembangkan dan dipelihara agar suasana ketaqwaan senantiasa terjaga dan hidup dalam keharmonisan.


Untuk para duta besar, saya berharap peningkatan ekspor kita tahun ini mencapai minimal 5% diseluruh negara tetangga, bagi yang bisa melebihi target akan mendapat bonus 1% dari total kelebihan target.

Adapun bagi yang tidak berhasil akan ada total evaluasi oleh tim asistensi ekonomi, jika faktornya karena kepemimpinan anda, maka orang yang lebih layak akan menggantikan anda.

Warga negara Assalam yang ada di luar negeri harus mendapatkan perlindungan hukum dan pelayanan yang baik, jangan ada lagi korupsi dan sapi perah terhadap warga kita diluar negeri.

Tingkatkan harga diri bangsa sehingga negara-negara tetangga akan segan dan menghormati bangsa kita.

Bersama-sama dengan Menlu buatlah aliansi kerjasama ekonomi, pertahanan kepada negara-negara tetangga. Sehingga ekspor kita mudah masuk ke negara mereka dan kita mendapat dukungan keamanan serta militer dari para negara tetangga.

Kepada saudara-saudara gubernur dan duta besar, apakah penjelasan saya sudah dapat dimengerti? tanya saya

"Sudah bapak presiden", jawab mereka semangat

Syukurlah kalau begitu, saya do'akan anda semua selalu mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugas-tugas mulia ini.

Akhirnya saya ucapkan selamat bertugas, sukses untuk anda semua, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teriring jawaban salam dari hadirin semua, maka berakhirlah meeting kenegaraan saya hari ini. Ketika waktu mendekati pukul 10 pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar