Kamis, 19 Agustus 2010

Hari kedua

Pagi ini saya melantik semua menteri dalam kabinet yang sudah saya susun.

Acara dimulai dengan upacara pengambilan sumpah jabatan dan sambutan serta pengarahan saya kepada semua menteri.

Pengarahan


Saya melantik semua menteri-menteri pembantu saya, diakhir pelantikan saya pun memberikan sambutannya inilah pengalan akhir sambutan saya.

"Hal yang paling kalian harus perhatikan adalah 5 prinsip kerja
1. Niatkan segala sesuatunya untuk mencari ridha Allah
2. Rencanakan segala sesuatunya dengan sempurna
3. Lakukan segala sesuatunya sesuai perintah Allah
4. Berdo'a memohon pertolonganNya disegala kondisi
5. Bertawakal

Dengan 5 prinsip kerja ini mudah-mudahan kalian semua sukses dan mampu mengemban amanah yang ada."

"Selalu ingat 3 prinsip dasar yang menjadi tujuan utama kerja kalian, jadikan segala suatunya menjadi :
- lebih mudah
- lebih murah
- lebih baik

Jika ada yang tidak jelas tanyalah kepada saya, semoga kalian semua mendapat ridha dan pertolongan Allah swt senantiasa. "


Selesai memberikan pengarahan dalam sambutan, saya meminta semua menteri untuk hadir dan duduk diruang rapat istana.

Diruang rapat saya akan menjelaskan tentang alat kontrol dan monitor pencapaian pembangunan yang dilaksanakan oleh kabinet.

Setelah mengucapkan salam pembuka saya pun mulai memberikan penjelasan.

"Saudara-saudara menteri yang saya cintai, saya sudah meminta kepada kepala rumah tangga kepresidenan untuk menyiapkan satu ruang khusus yang memiliki fasiltas kontrol dan monitor semua pencapaian pembangunan di seluruh negeri as-salam, sehingga saya dan staff bisa selalu memonitor dan kontrol secara bersama-sama."

"Kepada bagian sistem support saya sudah meminta dibuatkan aplikasi online yang dapat menampilkan data-data pencapain pembangunan serta indikatornya."

"Misalnya data tentang :
  • Jumlah penduduk diseluruh negeri maupun dimasing-masing wilayah, bahkan sampai tingkat desa , termasuk didalamnya data tentang tingkat konsumsi berbagai macam produk jasa dan barang maupun data produksinya di wilayah tersebut, sehingga dengan mudah dapat segera diketahui kebutuhan maupun kelebihan di wilayah tersebut.
  • Data perdagangan, pendapatan, hutang dan jumlah uang yang beredar harus selalu diupdate setiap hari.
  • Jumlah tempat ibadah,olah raga , wisata, rumah sakit, sekolah, siswa , tenaga ahli dan hasil penelitian juga harus tersedia.
  • Hasil-hasil bumi pertambangan , hutan , perikanan, pertanian dan peternakan juga bisa dilihat.
  • Data-data pertahanan, intelejen dan peta wilayah juga harus tersedia dan terupdate setiap hari."

"Oleh karena itu saya ingin semua menteri sesuai dengan pembidangannya bisa mendukung hal ini dengan memberikan data yang update setiap hari kepada saya sehingga saya bisa memberikan arahan yang tepat sesuai dengan data yang ada."

"Apakah anda semua siap menjalankan ini?"

"Siap! ". jawab mereka serempak.

"Adakah pertanyaan yang ingin kalian sampaikan?" , tanya saya.

Salah seorang menteri mengacungkan tangan.

"Iya silahkan , saudara menteri pertanian"

"Bapak presiden, apa yang bapak sampaikan akan sepenuhnya kami dukung, namun tentunya hal ini akan membutuhkan waktu dan sistem yang besar dan handal agar semua data bisa masuk dari lapangan sampai ke meja bapak. "

"Terima kasih sebelumnya, saya sudah memikirkan hal ini dan akan segera memerintahkan MR. T alias menteri rekayasa teknologi , untuk membuat sistemnya yang dapat diaplikasi mulai dari lapangan hingga sampai ke laptop saya. "

"Saya juga akan meminta sistem ini dibuat secara modul - modul yang nantinya bisa saling mendukung, seperti menyusun sebuah puzzle, kita mulai dari yang ada , insya Allah saya yakin 6 bulan sistem ini akan bisa terlihat wujudnya dan memberikan dampak positif yang besar bagi pembangunan negeri kita."

"Oleh karena itu saya sudah menyiapkan anggaran dan staff ahli yang cukup untuk Mr.T dalam mengemban amanah ini."

"Dalam 3 hari kedepan , seluruh menteri akan dibagikan handphone Hackom yaitu Handphone Cerdas Komunikasi, karena handphone ini akan melayani semua jenis komunikasi antar menteri mulai dari sms , voice mail, email, mms, bahkan video konfrence, sehingga komunikasi kita tidak akan terputus selama 24 jam sehari, semuanya akan running melalui VoIP voice over internet protokol."

"Semua biaya akan ditanggung oleh negara dan semua pembicaraan maupun data yang dikirim melalui Hackom akan dienskrip sehingga terjaga kerahasiaannya.
Hackom juga di fasilitasi dengan software Geomaps, Organizer, Pengolah Kata & Angka, Pengolah Presentasi dan juga koneksi internet 24 jam.
Untuk diskusi dan meeting secara berjauhan , juga disediakan C-Line fasilitas chating online dan KeSta fasilitas update status kegiatan sehingga semua bisa saling mengetahui keadaan masing-masing."

"Besok saya akan meminta Mr. T untuk segera membuat ChiC yaitu Chip Cerdas , yang bisa digunakan sebagai pengganti kartu tanda penduduk, surat izin mengemudi, passpor, simcard komunikasi, uang elektronik dan nomor rekening bank."

"Dengan alat ini insya Allah pelayanan kepada masyarakat akan semakin mudah dan cepat bahkan bisa mengurangi pengunaan alat tulis , sumber daya manusia juga bisa dioptimalkan kearah yang lebih kreatif ,manusiawi dan pengawasan saja adapun hal-hal detail dan monoton serta berulang dikerjakan oleh sistem."

"Contoh sederhananya, pengetikan surat keterangan dan sebagainya diberbagai instansi , pendistribusian dan pengurusan kartu identitas penduduk yang dilakukan berulang sesuai periode ataupun kebutuhannya untuk orang yang sama, hal ini tidak akan terjadi lagi karena sistem secara otomatis mencatat dan mengupdate data, sehingga bila diperlukan keterangan dan data administratif lainnya , tinggal login dan mencarinya kedalam sistem secara otomatis."

"Saya , mengambil ibroh dari pelayanan yang dilakukan oleh Bank, ketika nasabahnya 10 orang , Bank hanya perlu menyediakan 1 orang staff untuk melayani segala kebutuhan ke-10 nasabah tersebut , mulai dari setor ataupun tarik tunai, input data pada saat pendaftaran maupun jika ada perubahan, sampai penutupan rekening."

"Tapi jika nasabahnya bertambah 10 kali lipat alias 100 orang, pilihannya adalah apakah Bank akan menambah 9 staff baru atau mencari cara apakah itu alat atau teknologi yang bisa melayani ke -100 nasabahnya tadi. Belum lagi kalau nasabahnya sudah mencapai 1000 atau se juta orang berapa staff yang harus bank sediakan."

"Automatic Teller Machine dan kartu ATM adalah salah satu teknologi yang digunakan bank untuk menjadi solusi kemudahan nasabah mengambil uang tanpa harus menulis bukti setoran dan menemui teller untuk menarik uang mereka. Bahkan sekarang hanya dengan handphone seorang nasabah bisa bertransaksi , belanja memesan tiket dan sebagainya, tanpa bantuan teller."

"Tidakkah kita mengambil pelajaran dari hal yang positif ini. Tidak mungkinlah kita mengelola negara ini yang penduduknya sudah ratusan juta tapi dekelola secara manual dan dengan pegawai negara yang jumlahnya terbatas. "

"Untuk itulah ChiC ini saya gulirkan, agar masyarakat memperoleh kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan pemerintahan, karena semuanya tercatat dengan rapi dan cepat prosesnya.
Tidak perlu repot-repot menyimpan berbagai kartu , mencatat ulang dan mengurus ulang berbagai dokumen yang menyita waktu dan biaya."

"Jika seluruh penduduk sudah menggunakannya saya yakin, kejahatan akan turun drastis, keamanan akan tercipta, transaksi ekonomi akan meningkat dan yang pasti kesejahteraan rakyat akan tercipta."

Para menteri pun menggut-manggut mendengar penjelasan saya tadi.

"Apakah sudah jelas apa yang saya sampaikan wahai para menteri?"

"Sudah Bapak presiden", jawab mereka serempak

"Alhamdulillah". ucap saya.

Tak lama saya ucapkan salam perpisahan dan para menteri pun kembali ke posnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar